6 Cara memulai Bisnis Online menguntungkan dari Nol

cara memulai bisnis

Memulai bisnis online dengan modal dengkul sekalipun

Bagi sebagian orang, memulai bisnis online memang terdengar sangat rumit. Serta membutuhkan modal yang cukup besar. Memang bisnis online tak memerlukan toko fisik karena semua aktifitas penjualan akan dilakukan secara online, namun bukan berarti usaha online tidak membutuhkan modal sama sekali. Rasanya hal inilah yang paling sering dipikirkan dan menjadi pertimbangan utama dalam memulai bisnis online.

Tak hanya itu saja, banyak orang yang menggunakan alasan tak adanya modal ini sebagai alasan untuk tidak memulai usaha online. Padahal sebenarnya, ada sederet cara untuk memulai bisnis online tanpa modal yang besar. Bahkan Anda bisa memulai bisnis online sendiri, dan meraih keuntungan meski pun dengan modal nol.

Tak percaya? Jangan khawatir karena di bawah ini kami akan memberikan beberapa cara memulai bisnis online tanpa atau dengan modal sekecil mungkin. Hanya saja seperti juga usaha dan bisnis lain, Anda tetap harus mengikuti beberapa aturan dan melakukan sederet hal untuk meraih keuntungan dari bisnis online tanpa modal ini.

Beberapa hal seperti berusaha yang tanpa mengenal lelah atau pun berputus asa tetap harus dijalankan. Selain itu jangan lupa juga, modal paling besar ketika memulai bisnis online (atau bisnis dan usaha apapun, sebenarnya) justru adalah waktu. Jadi pastikan Anda memiliki kriteria dan sikap yang dibutuhkan untuk mampu meraih keuntungan dari bisnis online ini.

6 Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Nol

Tak perlu berlama-lama lagi, di bawah ini kami memiliki beberapa cara memulai bisnis online dengan modal nol. Cara serta tips yang kami berikan di bawah ini bukan hanya bisa diterapkan untuk mereka yang pemula saja. Namun mereka yang sudah beberapa kali gagal dalam memulai bisnis online pun bisa mencoba cara ini.

Maka sebaiknya kembali memperhatikan apa dan bagaimana sebenarnya cara untuk memulai berbisnis online. Di bawah ini, merupakan 6 cara yang bisa anda praktekan.

1. Menjual jasa yang unik

Bisnis Online Unik

Cara pertama untuk memulai bisnis online Anda sendiri adalah dengan menentukan jenis jasa ataupun barang yang ingin Anda jual.

Dan jika anda ingin sukses dalam jualan online, maka pastikan barang atau jasa yang anda tawarkan benar-benar unik dan berbeda dengan pemasar lainnya. Keunikan berperan penting disini.

Keunikan dari barang maupun jasa yang ditawarkan akan mendorong rasa ingin tahu seseorang terhadap barang ini. Rasa penasaran ini saja sudah bisa menjadi jalan awal untuk meraih keuntungan nantinya.

Perlu juga diketahui!

Jasa atau pun barang yang unik bukan berarti sama sekali tak pernah ada sebelumnya.

Anda bisa melakukan ATM (amati, tiru dan modifikasi) jasa ataupun barang yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru. Sesuatu yang sama sekali belum terpikirkan.

Misalnya jasa yang kami tawarkan di website ini. Pada saat kami mulai menawarkan Jasa SEO ini, belum banyak orang yang menawarkannya. Bahkan, kamilah yang memulai Jasa SEO Bergaransi uang kembali. Walaupun akhirnya, saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa serupa di Google.

Contoh bisnis yang menurut kami juga sangat unik adalah bisnis Seragam Kerja. Ini adalah salah satu jenis bisnis yang kami juga tidak pernah bayangkan sebelumnya. Bisnis ini dijalankan oleh salah satu website dengan alamat seragamharmas.com.

Tidak saja unik, tapi juga menguntungkan. Luar biasa!.

2. Tidak saja unik, tapi juga berkualitas

Kualitas Bisnis Online

Banyak penjual online yang saat ini mengabaikan satu hal : Kualitas.

Padahal pembeli atau pengguna jasa dari penjual online ini pun mengharapkan kualitas yang baik. Bahkan mungkin bisa saja malah berharap dengan pelayanan dan kualitas yang lebih baik.

Jadi, anda harus memastikan barang yang anda tawarkan benar-benar berkualitas, sehingga tidak mengecewakan pembeli maupun pengguna jasa anda. Inilah mengapa kami sangat menyarankan para dropshiper agar mencoba barang yang akan mereka jual sebelum menawarkannya kepada orang lain.

Katakan saja bila Anda akan menjalankan usaha katering online untuk sahur dan buka puasa di bulan Ramadhan nanti. Pastikan rasa dan kualitas makanan yang terbaik. Lebih baik lagi bila Anda memasarkan usaha sebagai katering sehat dengan rasa yang enak serta tahan lama. Hal ini saja tentunya sudah menjadi daya tarik tersendiri.

3. Cara pemasaran yang lebih unggul

online marketing

Bergerak di bidang online sudah memberikan Anda sebuah keuntungan sendiri dari segi pemasaran. Ini berarti Anda akan memiliki banyak pilihan metode digital marketing yang bisa digunakan. Dimana untuk saat ini, digital marketing memegang peranan yang jauh lebih besar dari pada jenis marketing lain.

Untuk usaha online yang baru saja akan mulai Anda jalankan, sebaiknya sudah memiliki strategi hingga taktik tersendiri seperti apa Anda ingin digital marketing ini berjalan.

Entah itu dengan menggunakan website, marketplace, pasang iklan di media sosial sampai dengan menggunakan metode digital ads pada berbagai website dan situs terkemuka.

Dalam pemasaran online ini, anda perlu mengetahui secara mendalam behaviour dari calon pembeli anda. Ini penting sekali, agar anda bisa memasarkan barang/jasa pada pasar yang tepat dan tertarget.

4. Buat toko online

buat toko online

Jika anda benar-benar serius dengan pemasaran online, maka anda harus punya toko online. Melalui toko online ini, anda tidak saja bisa memasarkan produk maupun jasa secara online tapi juga melakukan branding terhadap produk maupun perusahaan anda.

Toko online merupakan aset digital yang semua pemasar online harus memilikinya.

Untuk Anda yang masih pemula, membuat toko online sendiri tentu menjadi tantangan tersendiri. Oleh karenanya, anda bisa menyewa jasa pembuatan toko online. Sehingga anda tidak perlu direpotkan dengan pekerjaan-pekerjaan teknis dalam pembuatan toko online.

Tetap fokus pada jualan anda.

5. Siapkan rekening khusus

Ini merupakan satu hal yang sering luput dari perhatian mereka yang ingin membuat bisnis online sendiri. Rekening khusus. Anda sebaiknya tidak hanya menggunakan satu rekening di satu bank saja. Melainkan memiliki beberapa rekening atau pun di cara pembayaran online seperti melalui PayPal, dan lain-lain.

Banyaknya pilihan rekening ini memudahkan konsumen nantinya. Mereka menjadi memiliki beberapa pilihan metode pembayaran berbeda. Baik itu melalui bank atau pun virtual akun lain.

Buat rekening di beberapa bank ternama dan sediakan juga pilihan pembayaran melalui virtual akun untuk semakin memudahkan konsumen nantinya.

6. Meningkatkan layanan

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai bagaimana kualitas dari barang dan jasa sebaiknya menjadi salah satu fokus ketika anda berjualan online. Namun selain itu ada satu lagi hal yang harus menjadi fokus: layanan. Layanan dalam bisnis online ini sebenarnya jauh lebih kompleks.

Anda harus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh konsumen hingga melayani order yang mereka buat nantinya. Belum lagi melakukan rekap transfer sehingga tidak ada kesalahan pada produksi.

Untuk itu mengenai meningkatkan layanan, tak ada salahnya bila memang harus berkerja sama dengan saudara atau pun keluarga dekat untuk membantu melayani konsumsen. Nantinya ketika bisnis online sudah berkembang, Anda mungkin harus memiliki admin tersendiri untuk memastikan pelayanan yang diberikan pada konsumen benar-benar sempurna.

6 cara memulai bisnis online di atas memang baru langkah awal saja. Nantinya masih banyak hal yang harus menjadi perhatian Anda dalam mensukseskan bisnis online yang sudah dibangun, meskipun nyaris tanpa modal sama sekali.

Mulai dari memastikan pengiriman bila Anda berjualan online, hingga keamanan dari jasa yang diberikan. Serta satu hal yang tak boleh dilupakan ketika memulai bisnis online: profesionalitas.

Semoga cara di atas berguna dan membantu Anda memulai bisnis online dengan modal nol ya!